Indralaya – Kinerja, Saat di masa Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Pertama (SMP), istilah organisasi pasti sudah tidak asing lagi. Yups! Organisasi adalah orang-orang yang berada dalam suatu kelompok/perkumpulan yang mempunyai visi dan misi tertentu untuk mencapai tujuan bersama. Begitu juga di kampus, ada beragam organisasi kemahasiswaan, mulai dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), dan organisasi kemahasiswaan lainnya. Lalu menurut kamu, seorang Mahasiswa itu perlu nggak sih gabung dan aktif di suatu organisasi? Well, berikut keuntungan atau dampak positif yang bisa kalian dapatkan jika kalian aktif di organisasi versi LPM Kinerja, cekidot.

  1. Kenal Banyak Kating
    Kalau selama di sekolah kamu menyebut kakak kelas, maka di kampus disebut ‘kating’ alias kakak tingkat. Dengan aktif mengikuti organisasi di kampus, kamu bisa kenal dengan banyak kating, selain itu kalau ada tugas dari dosen kamu bisa konsultasikan dengan kating, karena tentunya mereka lebih berpengalaman dan lebih tahu dengan karakteristik dosen.
  2. Dapet Pengalaman Baru
    Aktif organisasi di kampus bisa menambah pengalaman kamu. Kalau selama di sekolah kamu belum pernah terjun ke dunia organisasi, bergabunglah di organisasi kampus. Eitss, tapi kalau kamu mau gabung di organisasi eksternal kampus juga bisa lho. Tak masalah, baik organisasi internal maupun eksternal kampus semuanya bisa menambah pengalaman kamu dalam berorganisasi. Karena nanti di dunia kerja kamu akan menjumpai organisasi jadi kamu sudah terbiasa.
  3. Punya Teman dari Jurusan Lain
    Di setiap fakultas memiliki jurusan yang berbeda-beda, kalau kamu aktif di organisasi kamu bisa kenal dengan teman tidak hanya dari satu jurusan tapi juga dari jurusan lain. Kamu bisa bertukar pikiran dengan mereka dan banyak ilmu baru yang bisa kamu dapatkan dari mereka. Pokoknya seru deh kalau kamu punya teman dari jurusan lain, apalagi dari fakultas dan kampus lain.
  4. Mengisi Waktu Luang
    Kalau kamu bingung mau melakukan apa saat nggak ada kerjaan, ikut aktif di organisasi adalah jawabannya. Aktifitas organisasi yang cukup padat bisa membuat waktu luangmu sangat produktif. Kamu bisa habiskan waktu bersama teman organisasimu atau setidaknya kamu bisa kumpul-kumpul bareng di sekret sambil mendiskusikan masa depanmu. Ups.
  5. Meningkatkan softskill
    Dalam dunia kerja yang dibutuhkan bukan hanya hardskill atau kemampuan akademik, tapi juga softskill. Nah, softskill ini nggak ada MK-nya lho alias Mata Kuliah. So, kalau kamu mau melatih dan mengembangkan softskill, kamu bisa gabung di organisasi. Kepemimpinan, kerja sama tim, komunikasi yang baik, dan masih banyak lagi softskill yang harus kamu kembangkan. Semuanya bisa kamu latih selama kamu berada di organisasi. So, jangan sia-siakan waktumu di kampus yaa, selagi masih jadi mahasiswa.

Seringkali ikutan organisasi itu jadi hal yang dihindari oleh beberapa mahasiswa. Takut menganggu bahkan menurunkan akademik menjadi salah satu alasannya. Padahal sebenernya itu tergantung bagaimana kita mengatur kegiatan antara organisasi dan akademik. Sibuk di organisasi harus diimbangi dengan kesibukan dalam belajar juga, hehe. Jangan sampai sibuk di organisasi tapi tugas-tugas kuliah malah dikesampingkan. Dan nyatanya, masih banyak kok mahasiswa yang aktif di organisasi tapi tetap memiliki prestasi akademik yang membanggakan. So, buat kalian semoga ini bisa menjadi referensi dan motivasi kamu. Semangat! (asy/frl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here