INDRALAYA, KINERJA – Rangkaian proses penerimaan mahasiswa baru kembali berlangsung dengan kondusif. Hari ini (11/7), Unsri melakukan pemeriksaan kesehatan dan bebas narkoba serta pendaftaran ulang calon mahasiswa baru yang telah lulus melalui jalur SBMPTN 2018.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh lima fakultas terlebih dahulu, diantaranya FE, FH, FT, FMIPA dan FASILKOM. Diawali mulai di Gedung Auditorium Unsri, kegiatan PMB ini telah dimulai sejak pukul 07.00 pagi. Untuk rute yang harus dilalui oleh camaba diantaranya, camaba pergi ke Gedung Auditorium untuk melakukan registrasi, lalu menuju ke UPT Klinik Unsri untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan bebas narkoba, dan kembali menuju ke Gedung Auditorium untuk melakukan foto akademik dan pembuatan rekening Kartu Pengenal Mahasiswa (KPM). Terakhir, camaba diharuskan mengunjungi stan pendataan untuk melakukan pendataan fakultas.

Suasana pendataan camaba di Stan Pendataan Fakultas

Sempat hadir dalam kegiatan tersebut, M. Iskandar selaku Ketua Pelaksana kegiatan PMB dari Dewan Perwakilan Mahasiswa KM FE Unsri mengungkapkan bahwa telah dilakukan beberapa persiapan dalam kegiatan tersebut. “Persiapan yang dilakukan diantaranya persiapan mental, karena PMB kali ini dilaksanakan tanpa kehadiran dari Ketua Umum DPM KM FE, jadi saya disini selaku Ketua Pelaksana dari DPM KM FE mau tidak mau harus mengambil keputusan sesuai dengan situasi yang terjadi di lapangan. Selain itu, telah dilaksanakan juga rapat koordinasi dengan pihak BEM KM FE dan Ormawa KM FE terkait alur pelaksanaan registrasi dan teknis pembagian tenda. Serta, menyiapkan beberapa perlengkapan untuk memberikan pencerdasan terkait kegiatan PK2 camaba nanti,” cerita Iskandar saat ditemui Tim Kinerja.

Dalam kegiatan PMB camaba Jalur SBMPTN kali ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan waktu PMB camaba Jalur SNMPTN kemarin. Serangkaian kegiatan juga dilakukan oleh BEM KM Unsri untuk membuat kegiatan ini menjadi tidak membosankan dan lebih berwarna.

Di sela-sela kegiatan berlangsung, M. Iskandar dan Ridfky Al Fathur selaku Ketua Pelaksana PMB dari DPM dan BEM KM FE mengatakan kekurangan SDM menjadi kendala utama dalam kegiatan ini. “Kendala utamanya sih sebenernya ada pada SDM dari BEM KM FE dan dari Ormawa FE yang sedikit, karena masih dalam suasana libur semester jadi banyak panitia yang pulang ke daerah masing-masing dan ada yang liburan juga bersama keluarga. Sedangkan untuk yang lain aman tanpa kendala sampai saat ini,” jelas Fathur.

Selain itu, harapan besar juga dikemukakan oleh Fathur dari diadakannya kegiatan PMB ini. “Harapannya ini bisa menjadi salah satu bentuk sambutan kepada camaba FE sebelum nanti acara besarnya di PK2, dan juga saya harap seluruh KM FE bisa bekerja sama secara sinergi dan tetap solid sesama panitia, sesama ormawa dan untuk memberikan kesan pertama yang baik untuk camaba FE,” ungkap Fathur.

Pemberian informasi terkait PK2 kepada camaba di Stan Fakultas

Kegiatan PMB ini berlangsung hingga petang sekitar pukul 17.00 yang diakhiri dengan evaluasi dan pembersihan masing-masing tenda setiap fakultas di pelataran halaman tengah antara Gedung Rektorat dan Gedung Auditorium.

Kegiatan PMB SBMPTN akan dilanjutkan besok (12/7), dimana akan dilaksanakan oleh lima fakultas yang lain, yaitu FK, FP, FKIP, FISIP dan FKM. (mti/dnl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here