INDRALAYA, KINERJA – Selasa (16/10) lalu, Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya kembali menyabet gelar juara 1 pada pagelaran Lomba Esai Coin4Sary yang diadakan di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sriwijaya, Kampus Indralaya.

Kemenangan itu diraih oleh Reskia Ekasari, Artha Ganop Arrofi, dan Muhammad Royani. Mereka bertiga optimis dalam mengikuti setiap tahapan seleksi yang berhasil mengantarkan mereka menjadi juara 1 dalam pagelaran tersebut. “Kami bertiga satu tim ikut Lomba Esai Coin4Sary, kami optimis mengikuti setiap pelaksanaan seleksi hingga menjadi juara 1 kemarin,” ungkap Reskia.

Tim Reskia sedang mempresentasikan idenya

Reskia Ekasari Menyatakan bahwa ide yang mereka usung berdasarkan fakta yang terjadi dilapangan dimana kurang teroptimalisasinya Koperasi Mahasiswa, sehingga mereka menawarkan ide Koperasi Unsri Unggul Sejahtera (KOPASUS). “Sebenarnya ide kami itu sangat sederhana, berangkat dari permasalahan yang ada di dekat kita yakni Koperasi Mahasiswa. Karena fakta di lapangan membuktikan bahwa Kopma belum teroptimalkan dengan baik, maka kami bertiga sepakat untuk menawarkan sebuah ide yakni KOPASUS (Koperasi Unsri Unggul Sejahtera),” jelasnya.

“Beberapa jenis usaha unggulan yang kami tawarkan di ide tersebut antara lain adalah Penjualan produktif, Modal-ku, Sewa-in Aja, dan Unsri Menabung. Kemudian di KOPASUS juga mengusung program pengembangan diri yaitu Kajian Kewirausahaan, Kopasus Berdialog, Kopasus Peduli, dan Evaluasi Berkala,” lanjut Reskia.

“Kami juga mengkolaborasikan antara prinsip ‘Ado Gawe’ dengan Kopasus, dimana prinsip ‘Ado Gawe’ yang sangat khas dengan orang Sumsel yang memiliki artian Ada pekerjaan. Mahasiswa pun seringkali mengutarakannya seperti ketika ditanya ‘Mau kemana?’ pasti rata-rata menjawab ‘Ado Gawe’,” Sambungnya.

Reskia menceritakan pada tahap presentasi yang merupakan tahap akhir dalam pagelaran, para audiens dan juri terlihat antusias mendengarkan penyampaian yang di paparkan oleh tim yang dipimpin oleh Reskia sendiri. Pada akhir penyampaian presentasi, para juripun memberikan respon yang menarik. Dimana dengan melontarkan pertanyaan “Nak kemano ?” yang serentak dijawab oleh para finalis “Ado Gawe”. “Hingga akhir dari presentasi juri pun sempat melontarkan pertanyaan ‘Nak Kemano?’ lantas semua temen-temen finalis menjawab ‘Ado Gawe’, kami turut senang melihat respon tersebut, hingga akhir cerita ketika diumumkan sebagai Juara 1 saya, Roy, dan Artha kompak menyebut ‘Alhamdulillah’,” tutup Reskia.

Wartawan :
Rahayu
M.Iskandar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here