#RamadanMasaKini Cuma ada di bulan Ramadan lho!

Bulan Ramadan 1439 Hijriyah telah tiba. Setelah diumumkan hasil sidang isbat oleh Kementerian Agama Republik Indonesia pada 15 Mei 2018, 1 Ramadhan 1439 Hijriyah jatuh pada hari Kamis, 17 Mei 2018.

Ramadan selalu disambut meriah oleh seluruh masyarakat Indonesia, khususnya bagi yang melaksanakan ibadah puasa. Tentunya, ibadah puasa akan terasa lebih nikmat apabila dijalani dengan berbagai macam hal unik yang hanya ada pada bulan Ramadan.

Apa saja hal-hal unik tersebut? Berikut 7 hal unik khas bulan Ramadan yang akan membuat puasamu lebih nikmat.

1. Keliling bangunin sahur

beritabandung.com

Bagi kamu yang tidak terbiasa bangun pada dini hari, barangkali rentan melewatkan waktu sahur. Nah, pasukan bangunin sahur yang satu ini memiliki jasa yang besar agar kamu bisa bangun makan sahur.

Kegiatan bangunin sahur keliling ini hanya ada di bulan Ramadan lho. Siapa nih yang sering ikut keliling bangunin sahur?

2. Sahur on the road

lembaranputih.hipwee.com

Nah, sahur unik yang satu ini tentunya hanya ada di bulan Ramadan yaitu sering disebut Sahur On the Road. Kegiatan yang sering disingkat menjadi SOTR ini dikatakan unik karena sahur ini dilakukan secara ramai atau bersama-sama di pinggir jalan raya oleh para komunitas tertentu.

Uniknya, biasanya komunitas-komunitas tersebut sebelum melakukan sahur mereka juga sering bagi-bagi makanan untuk pengguna jalan raya yang sedang melintas dan mengajaknya untuk melakukan Sahur On the Road bersama.

3. Bareng orang-orang terdekat

ngomongbae.com

Istilah ngabuburit ini hanya ada pada bulan Ramadan. Kegiatan ini biasanya dilakukan saat sore hari menjelang berbuka puasa.

Biasanya lokasi yang menjadi sasaran buat ngabuburit sama orang-orang terdekat adalah lokasi yang banyak terdapat jajanan khas bulan Ramadan atau lokasi-lokasi di pusat kota seperti alun-alun. Tak heran juga kalau ngabuburit ini dijadikan kegiatan untuk berburu takjil untuk berbuka puasa.

4. Aneka takjil yang menggoda saat berbuka

bakpiamutiarajogja.com

Tak lengkap rasanya bila saat berbuka puasa tidak ditemani dengan aneka takjil menjadi khas saat bulan Ramadan. Ya, saat bulan Ramadan biasanya aneka takjil bermunculan di berbagai lokasi yang siap diburu oleh para masyarakat yang sedang ngabuburit.

Menu takjil yang biasanya menjadi khas saat bulan Ramadan untuk berbuka puasa adalah kolak pisang, kolak ubi, es buah, es kelapa muda dan tak lupa yaitu buah kurma.

5. Buka bersama mempererat silaturahmi

kompasiana.com

Bulan Ramadan juga sering dijadikan sebagai momen untuk reuni bersama teman-teman lama lho. Yaitu dengan cara berbuka puasa bersama. Nah, biasanya di bulan Ramadan lokasi-lokasi tempat makan seperti restoran, kafe, kedai atau warung di pinggir jalan setiap harinya ramai oleh pengunjung untuk melakukan buka puasa bersama.

Bahkan, ada yang rela melakukan reservasi tempat jauh-jauh hari sebelum waktu pelaksanaan bukber supaya kebagian tempat buat buka bersama sekaligus bercengkrama dengan dengan teman-teman lama.

6. Masjid penuh untuk tarawih

republika.co.id

Ibadah yang satu ini emang jadi khasnya bulan Ramadan. Shalat tarawih yang dilaksanakan setelah shalat isya ini berhasil membuat masjid-masjid dipenuhi oleh jamaah pada bulan Ramadan.

Tentunya, shalat tarawih ini dijadikan ajang untuk melengkapi ibadah puasa di bulan Ramadan dan untuk memperbanyak amalan-amalan shaleh yang akan dilipatgandakan pada bulan Ramadan.

7. Tadarus Al-Quran bikin hati tentram

liputanislam.com

Bulan Ramadan tepat sekali untuk dijadikan momen dalam berlomba-lomba mencari pahala. Salah satunya yaitu dengan melakukan tadarus Al-Quran.

Tadarus Al-Quran ini pada bulan Ramadan ini biasanya dilaksanakan di masjid setelah shalat tarawih atau setelah shalat subuh.

Ramadan memang momen yang memiliki banyak hal unik. Terlepas dari hal-hal unik tersebut, tujuan utama dari bulan Ramadan adalah menjalankan ibadah puasa dan terus berlomba-lomba dalam mencari kebaikan di bulan Ramadan.

Nah, bagi kamu yang melaksanakan ibadah puasa Ramadan, selamat menunaikannya ya! Tetap sehat dan tetap semangat!

Karya : Danil Noviansyah

Sumber : https://hype.idntimes.com/fun-fact/danil-noviansyah/7-hal-unik-yang-khas-dirindukan-saat-ramadhan-c1c2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here